1987-12-24 Serahkan Penghargaan Upakarti, Presiden Soeharto Singgung Peran Strategis Industri Kecil & Kerajinan

Serahkan Penghargaan Upakarti, Presiden Soeharto Singgung Peran Strategis Industri Kecil & Kerajinan

 

KAMIS, 24 DESEMBER 1987 Penghargaan Upakarti Tahun 1987 diserahkan oleh Presiden Soeharto kepada 52 penerima dari 20 provinsi dalarn sebuah upacara di Istana Negara hari ini. Tanda penghargaan Upakarti ini dianugerahkan oleh Pemerintah kepada perorangan, kelompok, lernbaga, koperasi, dan perusahaan yang telah berjasa dalam mengembangkan industri kecil dan kerajinan.
Dalam kata sambutannya, Presiden mengatakan bahwa dalam mengembangkan industri nasional, disamping mengembangkan industri dasar dan aneka industri, kita memang harus memberikan perhatian yang besar kepada pengembangan industri kecil dan kerajinan rakyat. Hal ini karena industri kecil dan kerajinan mempunyai peranan yang sangat strategis dalam membangun masyarakat industri, mengingat industri kecil dan kerajinan melibatkan masyarakat dalam jumlah yang besar, baik sebagai pengusaha maupun sebagai perajin. Lagi pula banyak sekali menyerap tenaga kerja.
Lebih jauh dikatakannya bahwa dengan makin berkembangnya industri kecil dan kerajinan, maka makin besarlah partisipasi masyarakat dalam proses industri. Hal ini akan mengembangkan alam berpikir masyarakat yang berorientasi pada industri, yang menjadi salah satu ciri masyarakat industri. Pengalaman masyarakat-masyarakat lain yang kini telah menjadi masyarakat industri maju, juga menunjukkan bahwa industri kecil dan kerajinan itulah yang merupakan kekuatan yang penting bagi kemajuan industri yang mereka capai dan bagi kemakmuran rnasyarakatnya.
Demikian antara lain dikemukakan oleh Kepala Negara. (AFR)

____________________

Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988”, hal 683-684. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.