1990-12-17 Presiden Soeharto Meresmikan 36 Pabrik di Sulawesi Tengah

Presiden Soeharto Meresmikan 36 Pabrik di Sulawesi Tengah [1]

 

SENIN, 17 DESEMBER 1990 Siang ini di desa Mamboro, Sulawesi Tengah, Kepala Negara meresmikan 36 buah pabrik, rumah sakit umum, stadion, gedung olahraga, dan dua bendungan dengan jaringan irigasinya.

Pabrik-pabrik yang diresmikan itu berupa pengolahan kayu, rotan, es balok, marmer, serta vulkanisir ban. Jumlah investasi yang ditanam adalah sebesar Rp54,4 miliar dan keseluruhannya mampu menampung sekitar 6.000 orang tenaga kerja. Devisa yang diharapkan dari proyek-proyek setiap tahunnya adalah sebanyak US$34,5 juta.

Dalam amanatnya, Presiden antara lain mengatakan bahwa wilayah bagian timur Indonesia merupakan salah satu wilayah yang memiliki sumber daya alam yang banyak.

Dengan bantuan tenaga-tenaga ahli dan trampil serta dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di wilayah ini, kita pasti akan berhasil mewujudkan wilayah bagian timur Indonesia. Wilayah Indonesia di sebelah timur memang dapat kita kembangkan lebih pesat lagi, karena besarnya potensinya baik di bidang industri, pertanian maupun pariwisata. (DTS)

[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 21 Maret 1988 – 11 Maret 1993”, hal 371-372. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: Nazaruddin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.