PRESIDEN MINTA ISEI MEMIKIRKAN 3 BIDANG MASALAH

PRESIDEN MINTA ISEI MEMIKIRKAN 3 BIDANG MASALAH

Presiden Soeharto minta agar Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) membantu memberikan pemikiran strategis bagi pembangunan. Ini dikemukakan Kepala Negara ketika menerima Pengurus Pusat ISEI serta Panitia Kongres IX ISEI di Bina Graha Sabtu siang.

Menurut Ketua Umum ISEI, Arifin Siregar yang mengutip ucapan Kepala Negara, seyogyanya kita tidak terlalu menggantungkan diri pada minyak bumi.

Kita perlu memikirkan bidang2 lain yang mempunyai potensi untuk dikembangkan dalam tahun2 mendatang. Ada tiga bidang yang oleh Kepala Negara dikemukakan kepada ISEI untuk dipelajari yaitu bidang kehutanan, perkebunan dan kelautan.

Prof. Sumitro Djojohadikusumo sebagai Ketua Kehormatan ISEI dalam menambah keterangan Ketua Umum ISEI mengemukakan beberapa hal yang oleh Kepala Negara diminta mendapatkan perhatian ISEI.

Kepala Negara minta, tidak hanya menanggulangi masalah2 yang sedang berjalan tapi juga diperluas dengan membahas hal yang menjangkau masa datang.

Di samping itu Presiden minta supaya berpegang teguh pada satu masalah pokok yaitu kemakmuran untuk sebagian besar penduduk Indonesia.

Dalam kaitan ini Kepala Negara juga mengatakan bahwa kemakmuran hendaknya tidak terbatas pada sekelompok masyarakat tetapi untuk seluruh rakyat.

Diakui bahwa hal ini tidak dapat dilakukan dengan cepat tapi harus bertahap dan sistematis.

Menjawab pertanyaan, Arifin Siregar mengatakan, kegiatan ISEI tidak terbatas pada kongres dan seminar saja akan tetapi justru kongres dan seminar dipakai untuk merangsang ISEI melahirkan pemikiran2. (RA)

Jakarta, Sinar Harapan

Sumber : SINAR HARAPAN (06/08/1983)

Dikutip sesuai tulisan dan ejaan aslinya dari buku "Presiden RI Ke II Jenderal Besar HM Soeharto dalam Berita", Buku VII (1983-1984), Jakarta : Antara Pustaka Utama, 2008, hal. 306.

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.