1972-11-20 Presiden Soeharto Apresiasi Netralitas dalam Tradisi Politik Swiss

Presiden Soeharto Apresiasi Netralitas dalam Tradisi Politik Swiss[1]

SENIN, 20 NOVEMBER 1972 Tiba di Bern dari Jenewa hari ini, Presiden Soeharto disambut secara resmi oleh Presiden Swiss, Nello Celio, dalam suatu upacara di Istana Federal Bernerhof. Memberikan sambutannya pada upacara tersebut, Presiden Soeharto mengatakan bahwa Swiss sebagai negara dimana terpusat teknologi industri dan dengan organisasi yang sangat modern telah mendorongnya untuk memandang negara itu sebagai sumber inspirasi untuk cita-cita perdamaian dan pembangunan. Selain itu Presiden juga menyatakan kekagumannya terhadap tradisi politik Swiss yang netral.

Siang ini Presiden Soeharto beserta rombongan menghadiri jamuan makan yang diselenggarakan Presiden Nello Celio untuk menghormat tamunya. Setelah itu diadakan perundingan resmi antara kedua kepala negara. Hasil perundingan tidak diberitakan, namun akan dikeluarkan dalam bentuk komunike bersama pada akhir kunjungan Presiden Soeharto di Swiss.

Menginap satu malam di Bern, besok Presiden Soeharto beserta rombongan akan berangkat menuju Brussel, ibukota Belgia, melalui Zurich. (WNR).



[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 28 Maret 1968-23 Maret 1973”, hal 484. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.