1975-06-21 Presiden Soeharto Menerima Surat Kepercayaan Dubes Pakistan

Presiden Soeharto Menerima Surat Kepercayaan Dubes Pakistan [1]

 

SABTU, 21 JUNI 1975 Bertempat di Istana Merdeka, pukul 09.00 pagi ini Presiden Soeharto menerima surat kepercayaan Duta Besar Pakistan yang baru, S Iqbal Hosein. Dalam pidato penyerahan surat kepercayaannya, Duta Besar Hosein antara lain mengatakan bahwa Pakistan dan Indonesia mempunyai aspirasi yang sama dalam hal memajukan nasib rakyatnya. Dalam hal ini kedua negara telah menempuh banyak kemajuan.dalam bidang ekonomi, sehingga menempatkan keduanya dalam tempat yang layak didalam masyarakat bangsa-bangsa di dunia. Ditegaskannya pula bahwa pembentukan IPECC merupakan manifestasi nyata dari keinginari yang memperkuat hubungan ekonomi dan kebudayaan antara kedua bangsa.

Dalam pidato balasannya, Kepala Negara mengatakan bahwa usaha pembangunan sesuatu bangsa sepenuhnya tergantung pada kemampuan dan kemauan bangsa itu sendiri. Tetapi kita tidak menutup mata akan perlu dan pentingnya kerjasama antar bangsa, khususnya dalam bidang ekonbmi. Dalam hubungan ini, Indonesia dan Pakistan telah mempunyai IPECC sebagai lembaga kerjasama ekonomi dan kebudayaan yang mengikat kedua negara. Presiden Soeharto yakin bahwa Indonesia dan Pakistan akan berusaha keras agar IPECC makin berfungsi dan dapat memenuhi cita-cita serta memperkuat hubungan persahabatan kedua bangsa. (AFR)



[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978”, hal 256-257. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003.

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.