1975-11-20 Menerima Tim Penertiban Pertamina, Presiden Soeharto Menerima Lima Masukan

Menerima Tim Penertiban Pertamina, Presiden Soeharto Menerima Lima Masukan

KAMIS, 20 NOVEMBER 1975 Hari ini Kepala Negara menerima Hasnan Habib, Piet Harjono, dan Ismail Saleh di Bina Graha. Ketiganya merupakan anggota team yang berdasarkan Keppres No. 11/1975 ditugaskan untuk meneliti proyek-proyek Pertamina dalam rangka penertiban perusahaan negara itu. Dalam pertemuan hari ini team tersebut menyampaikan lima saran mereka mengenai penertiban Pertamina kepada Presiden. Kelima saran itu adalah, pertama, agar Pertamina mengusahakan kesatuan tindak yang tepat antara perencanaan dan kepemimpinannya. Kedua, agar dalam perusahaan tersebut ada pemberian tugas yang utuh pada setiap badan-badan utamanya. Ketiga, perlu adanya rentang kendali (span of control) yang memungkinkan pengendalian seluruh organisasinya. Keempat, perlu adanya pemberian wewenang yang serasi dan wajar. Kelima, perlu adanya kontinuitas dalam kegiatan-kegiatan Pertamina.
Memberikan reaksinya terhadap laporan ini, Presiden Soeharto mengemukakan bahwa tugas team tersebut masih belum selesai. Mereka diinstruksikan untuk bekerja lebih lanjut, sebab masih banyak masalah yang harus diselesaikan oleh team itu. (AFR)

________________________

Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978”, hal 305. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.