1976-01-19 Buka Sidang Menteri Kelompok 77, Presiden Soeharto: Negara maju Harus Tulus Bantu Negara Miskin

Buka Sidang Menteri Kelompok 77, Presiden Soeharto: Negara maju Harus Tulus Bantu Negara Miskin[1]

 

SENIN, 19 JANUARI 1976 Bertempat di Convention Hall, Jakarta, hari ini Presiden Soeharto membuka dengan resmi Sidang Menteri ke-3 Kelompok 77. Dalam amanatnya Kepala Negara menyerukan agar negara-negara maju dapat membantu dengan tulus negara-negara miskin yang sedang membangun, sehingga apa yang diberikan sebagai bantuan itu betul-betul mempunyai arti dan fungsi bagi negara-negara miskin dan berkembang dalam hal meningkatkan kemampuan dan kesejahteraannya.

Selanjutnya diingatkan oleh Presiden bahwa negara-negara yang sedang membangun itu harus berorientasi ke depan; ini berarti bahwa mereka harus menolong diri sendiri. Untuk itu diperlukan kebulatan tekad, kebersamaan usaha, dan solidaritas diantara sesama bangsa yang senasib. Akan tetapi, ditegaskannya, tekad dan usaha saja belum menjawab persoalan yang dihadapi, karena yang tidak kalah pentingnya pula adalah bagaimana usaha kita menciptakan cara pengorganisasian dan mekanisme. kerjasama yang efektif dan dapat memberikan hasil yang nyata. Demikian antara lain dikatakan Kepala Negara. (AFR)

[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978”, hal 329. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.