1977-01-16 Menerima Gubernur Kalbar dan Sumsel Presiden Soeharto Jelaskan Pembibitan Sapi dan Rumah Murah

Menerima Gubernur Kalbar dan Sumsel Presiden Soeharto Jelaskan Pembibitan Sapi dan Rumah Murah[1]

 

MINGGU, 16 JANUARI 1977 Di Tapos pagi ini Presiden Soeharto menerima rombongan yang dipimpin Gubemur Kalimantan Barat dan Sumatera Barat. Di tempat pengembangan dan pembibitan sapi dan domba ini, Presiden Soeharto secara panjang lebar menjelaskan tentang jenis-jenis sapi yang dikembangkannya. Di sini terdapat sapi Sancta Getrudes, Brahman, Pevon·dan Angus. Jenis-jenis sapi unggul yang diimpor ini keseluruhannya dikawinkan dengan sapi yang ada di dalam negeri. Dengan demikian Pemerintah yang dalam hal ini dibantu oleh PT Rejosari Bumi, yang dipimpin Sigit Soeharto, dapat membantu petani dengan menyebarkan hasil-hasil pembibitan sapi jenis unggul ini.

Pada kesempatan itu Presiden Soeharto juga menerangkan pengalamannya dalam percobaan pembuatan rumah murah di Kelapa Gading. Rumah-rumah murah tersebut mempergunakan bahan batu apung yang banyak terdapat di bekas gunung api yang ada di Bogor. Menurut Kelapa Negara jikalau batu ini terdapat di Sumatera Barat dan Kalimantan Barat, maka pembuatan rumah murah dengan menggunakan campuran pasir dan batu apung semen ini, dapat pula dilaksanakan di kedua daerah tersebut. Dijelaskan oleh Presiden bahwa rata-rata setiap rumah yang dibuat dari campuran batu apung, selain murah juga tahan api dan kedap air. (AFR)

[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978”, hal 441-442. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.