1977-07-20 Buka MTQ di Manado, Presiden Soeharto: Ummat Beragama Harus Bangun Masyarakat Pancasila

Buka MTQ di Manado, Presiden Soeharto: Ummat Beragama Harus Bangun Masyarakat Pancasila[1]

RABU, 20 JULI 1977 Kepala Negara malam ini dengan resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’ an Nasional ke-10 di Stadion Klabat, Manado, tepat pukul 21.00 WITA. Dalam kata sambutannya, Presiden mengatak:an perlu terus dikembangkan kerjasama umat berbagai golongan agama di Indonesia, karena berdasarkan Pancasila tidak ada tempat untuk bersikap atau menganut kecenderungan eksklusifisme golongan, tetapi sebaliknya harus makin menumbuhkan perasaan tanggungjawab bersama dalam menghadapi dan menangani masalah-masalah besar yang dihadapi bangsa kita.

Lebih jauh dikatakannya bahwa umat beragama harus tergugah dan terpanggil untuk membangun masyarakat Pancasila yang bersifat kekeluargaan dan bernafaskan agama, yaitu suatu masyarakat sosialistis religius. Meskipun ada perbedaan pendapat, namun perbedaan itu bukan untuk dipertentangkan atau untuk diperlawankan, melainkan untuk diperdekatkan dan dipertemukan secara musyawarah dan mufakat. Demikian Presiden.(AFR).


[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978“, hal 514-515. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin, diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta tahun 2003.

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.