1978-05-16 Presiden Soeharto Resmikan Jalan Amurang-Kotamobagu­ Duloduo Bolaang Mongondow

Presiden Soeharto Resmikan Jalan Amurang-Kotamobagu­ Duloduo Bolaang Mongondow [1]

SELASA, 16 MEI 1978 Hari ini di Kotamobagu, Sulawesi Utara, Presiden Soeharto meresmikan pemakaian jalan Amurang-Kotamobagu­ Duloduo sepanjang 163 kilometer. Jalan yang dibangun dengan sebagian dana berasal dari Bank Dunia ini merupakan urat nadi perekonomian di Kabupaten Bolaang Mongondow yang merupakan daerah yang kaya akan kelapa dan cengkeh.

Dalam amanatnya Kepala Negara meminta agar Pemerintah Daerah dan masyarakat memanfaatkan jalan ini dengan sebaik-baiknya, antara lain dengan mempercepat pengembangan daerah pertanian di kabupaten ini, termasuk pengembangan daerah transmigrasi. Juga dimintanya agar diadakan pengawasan dan pengaturan pengolahan tanah, disamping pengawasan pembukaan hutan. Ditegaskan oleh Presiden bahwa karena tujuan pembangunan jalan ini pada akhirnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, maka pengaturan dan pengawasan itu harus bersifat melindungi rakyat banyak, bukan malahan memberatkan. Demikian antara lain dikatakan oleh Presiden. (WNR)



[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal 22. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.