1979-09-08 Presiden Soeharto Bahas Penyempurnaan Struktur Organisasi Pemerintah

Presiden Soeharto Bahas Penyempurnaan Struktur Organisasi Pemerintah

Harapkan BUUD/KUD Berfungsi Efektif[1]

 

SABTU, 8 SEPTEMBER 1979 Pemerintah telah memutuskan untuk melakukan penyempumaan terhadap bagian-bagian dan organisasi semua departemen. Penyempumaan ini dilakukan dalam rangka perbaikan struktur organisasi untuk meningkatkan daya-guna dan hasil-guna serta keefektifan didalam pelaksanaan tugas. Demikian dikatakan Menteri PAN, Prof. Dr. JB Sumarlin, usai menghadap Presiden Soeharto bersama Menteri/ Sekretaris Negara, Sudharmono, di Bina Graha siang ini. Lebih jauh Sumarlin mengatakan bahwa pelaksanaan langkah-langkah penyempurnaan ini dalam banyak hal menyangkut penyempurnaan struktur dan organisasi inspektur jenderal dan direktur jenderal dalam rangka meningkatkan kemampuan melaksanakan tugas.

Dalam kaitan ini, menurut Sumarlin, Presiden mengharapkan agar BUUD/KUD sebagai organisasi ekonomi dalam tata ekonomi daerah pedesaan harus benar berfungsi secara efektif dan sehat sehingga mampu melayani kebutuhan para anggotanya dan masyarakat sekitarnya. Presiden menginginkan agar BUUD/KUD dapat dibentuk di setiap wilayah kecamatan. Hal ini dikemukakan Presiden sehubungan dengan usaha peningkatan pembinaan dan pengembangan BUUD/KUD sesuai dengan Instruksi Presiden No. 2 Tahun 1978. (AFR).



[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal 202-203. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003.

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.