1979-11-14 Presiden Soeharto Adakan Pembicaraan dengan PM Margareth Thatcher dan Hadiri Jamuan Makan Malam Walikota London

Presiden Soeharto Adakan Pembicaraan dengan PM Margareth Thatcher dan Hadiri Jamuan Makan Malam Walikota London

RABU, 14 NOVEMBER 1979 Di London pagi ini Presiden Soeharto mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Inggris, Margareth Thatcher, di Downing Street 10. Dalam pertemuan itu Presiden didampingi oleh Menteri Luar Negeri Mochtar Kusumaatmadja dan Menteri Koordinator Bidang Ekuin,Widjojo Nitisastro. Selain masalah bilateral, dalam pertemuan tersebut telah pula dibahas sejumlah masalah-masalah internasional, termasuk Asia Tenggara dan soal Kamboja. Menyangkut masalah bilateral, Presiden Soeharto dan PM Thatcher sepakat bahwa perdagangan dan kerjasama antara kedua negara perlu ditingkatkan.
Presiden dan Ibu Soeharto malam ini menghadiri jamuan makan malam yang diselenggarakan oleh Walikota Peter Gatsden dan warga kota London bertempat di Guildhall. Menyambut pidato Walikota, antara lain Kepala Negara menguraikari secara ringkas tentang perkembangan politik dan pembangunan di Indonesia sejak kemerdekaan, serta kerjasama ASEAN. Berbicara mengenai pembangunan Indonesia, Presiden telah menjelaskan tentang pandangan bangsa Indonesia mengenai pembangunan. Pada kesempatan ini Presiden menawarkan kesempatan kepada masyarakat Inggris untuk berpartisipasi dalam pembangunan yang sedang dilaksana­ kan secara besar-besaran oleh bangs a Indonesia. Dikatakan oleh Presiden bahwa bagi mereka yangingin mengadakan usaha bersama-sama bangsa Indonesia, maka lebih dari sekadar keuntungan ekonomi yang menunggu di Indonesia, niereka juga akan menikmati kepuasan rohani. Hal ini karena, demikian Presiden, mereka akan menyertai suatu bangsa yang sedang berjuang untuk mencapai kehidupan hari esok yang lebih baik. (AFR).

___________________________

Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal 225. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003.

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.