1980-01-23 Menerima Peserta Munas Pepabri, Presiden Soeharto Tekankan Trilogi Pembangunan

Menerima Peserta Munas Pepabri, Presiden Soeharto Tekankan Trilogi Pembangunan[1]

 

RABU, 23 JANUARI 1980 Bertempat di Wisma Negara, Presiden Soeharto malam ini menerima para peserta Musyawarah Nasional Pepabri. Dalam kesempatan itu, Presiden Soeharto mengharapkan agar Pepabri tetap berpartisipasi dalam mensukseskan pembangunan yang merupakan tahap mengisi kemerdekaan. Dikatakannya bahwa Trilogi Pembangunan itu sangat penting dilaksanakan. Setelah kita melaksanakan dua Pelita, tampak bahwa unsur pemerataan dari Trilogi Pembangunan lebih banyak dituntut dan bahkan ditonjolkan rakyat. Oleh karena itulah dalam Pelita III Pemerintah menetapkan delapan jalur pemerataan yang harus dicapai.

Sehubungan dengan itu Kepala Negara mengingatkan bahwa pemerataan pembangunan harus didukung oleh pertumbuhan ekonomi dan stabilitas nasional. Dalam pertumbuhan ekonomi, maka asas yang dianut adalah asas ekonomi nasional, yaitu usaha bersama dan kekeluargaan. Ini berarti bahwa semua potensi baik Pemerintah, maupun masyarakat dan swasta diikutsertakan dalam proses pembangunan ekonomi itu. Sedangkan mengemii stabilitas nasional, Presiden mengatakan bahwa ABRI bersama rakyat berkewajiban dan bertanggungjawab untuk menciptakan stabilitas nasional. Demikian antara lain sambutan Presiden yang disampaikan tanpa teks. (AFR)

____________________

[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal 259-260. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.