1980-11-05 Jaga Stabilitas Harga, Presiden Soeharto Putuskan Pengadaan Stok Nasional

Jaga Stabilitas Harga, Presiden Soeharto Putuskan Pengadaan Stok Nasional

RABU, 5 NOVEMBER 1980 Hari ini di Bina Graha, Presiden Soeharto memimpin sidang kabinet terbatas bidang Ekuin. Didalam sidang hari ini Presiden memutuskan untuk mengadakan stok nasional terhadap beberapa kebutuhan lain, disamping bahan kebutuhan pokok. Kebijaksanaan ini diambil Kepala Negara demi menjaga stabilitas harga. Sehubungan dengan kebijaksanaan baru ini, Kepala Negara menugaskan Menteri Perdagangan untuk mempelajari lebih lanjut mengenai barang-barang yang perlu dimasukkan dalam stok nasional.
Sidang kali ini juga mengevaluasi gerakan inflasi selama bulan Oktober 1980. Dibandingkan dengan keadaan pada bulan sebelumnya, maka laju inflasi dalam bulan Oktober naik cukup tinggi, yaitu dari 0,36% menjadi 1,69%. Disimpulkan bahwa kenyataan ini disebabkan oleh terjadinya kenaikan harga barang pada kelompok makanan, khususnya beras dan gula. (AFR)

__________________________

Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal 352. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.