1981-02-28 Menerima Dharma Wanita, Presiden Soeharto: Pendapatan Perkapita Kita Naik Empat Kali Lipat

Menerima Dharma Wanita, Presiden Soeharto: Pendapatan Perkapita Kita Naik Empat Kali Lipat[1]

 

SABTU, 28 FEBRUARI 1981 Siang ini Presiden dan Ibu Soeharto menerima Ibu-ibu Dharma Wanita Pusat, PKK Dati I dan II seluruh Indonesia di Bina Graha. Dalam kesempatan ini Presiden dan Ibu Tien Soeharto mengantar Ibu-ibu Dharma Wanita melihat peragaan ternak kelinci dan masakan daging kelinci.

Dalam kesempatan itu Presiden mengatakan bahwa Indonesia telah berhasil meningkatkan pendapatan perkapita menjadi US$360,- pertahun. Ini berarti empat kali lipat dari keadaan waktu dimulainya pembangunan. Melihat kenaikan itu berarti rakyat Indonesia sudah mencapai tingkat kesejahteraan yang memadai. Dikatakannya juga bahwa rakyat Indonesia pada waktu dimulainya pembangunan masih dalam taraf kemiskinan. Hal ini disebabkan oleh penjajahan dan perjuangan kemerdekaan di kala itu. Namun begitu, walaupun Pelita I dan Pelita II telah dilaksanakan, masih ada 50 juta lagi rakyat Indonesia yang hidup dibawah garis kemiskinan. Untuk itu Pemerintah mengusahakan untuk meningkatkan pendapatan perkapita rakyat Indonesia dalam Repelita III dan Repelita IV. (AFR)

_________________

[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal 400. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.