1981-11-17 Resmikan Bendungan Gajah Mungkur, Presiden Soeharto: Pembangunan Kita Menangani Beribu-Ribu Masalah

Resmikan Bendungan Gajah Mungkur, Presiden Soeharto: Pembangunan Kita Menangani Beribu-Ribu Masalah

SELASA, 17 NOVEMBER 1981 Hari ini Presiden Soeharto meresmikan penggunaan bendungan serba guna Wonogiri, Jawa Tengah. Bendungan yang diberi nama “Gajah Mungkur” ini merupakan pengembangan untuk memanfaatkan sumber-sumber air Bengawan Solo dan anak-anak sungainya. Dengan adanya bendungan ini, maka banjir yang kerap kali melanda wilayah aliran sungai ini dapat dikendalikan, disamping kita dapat menambah jaringan irigasi, dan membangun pembangkit listrik tenaga air.
Menyambut peresmian waduk ini, Kepala Negara mengatakan bahwa untuk memanfaatkan dan mengembangkan sumber air dari sebuah sungai saja, kita perlukan waktu yang lama disertai dengan kerja keras dari beribu-ribu orang serta modal yang besar. Padahal, demikian Presiden, pengembangan dan pemanfaatan sumber-sumber air Bengawan Solo ini, baru merupakan satu masalah dari sekian banyak masalah pembangunan. Sedang pembangunan yang kita lakukan ini, tidak saja menangani satu atau dua ataupun beberapa masalah, tetapi beratus-ratus bahkan beribu-ribu masalah besar dan kecil. Dan masalah-masalah yang harus kita tangani juga tidak akan pernah selesai, sebab pembangunan selalu membawa persoalan-persoalan dan tuntutan-tuntutan baru(AFR).

_______________________

Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal 488-489. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.