1981-12-03 Menerima Kunjungan Presiden India, Presiden Soeharto: Ada Upaya Pembelokan Cita-Cita Gerakan Non Blok

Menerima Kunjungan Presiden India, Presiden Soeharto: Ada Upaya Pembelokan Cita-Cita Gerakan Non Blok

KAMIS, 3 DESEMBER 1981 Pukul 16.00 sore ini, Presiden India dan Nyonya Neelam Sanjiva Reddy tiba di Jakarta. Di lapangan udara internasional Halim Perdanakusuma mereka disambut oleh Presiden dan Ibu Soeharto dalam upacara kehormatan. Ini merupakan pertama kalinya Presiden Reddy mengunjungi Indonesia, dan selama kunjungan ini tidak diadakan pembicaraan resmi antara kedua kepala negara.
Malam ini Presiden dan Ibu Soeharto menyelenggarakan jamuan makan kenegaraan untuk menghormati Presiden dan Nyonya Neelam Sanjiva Reddy di Istana Negara. Memberikan sambutan pada jamuan tersebut, Presiden Soeharto mengatakan bahwa Indonesia merasa prihatin melihat akhir-akhir ini adanya usaha beberapa pihak untuk membelokkan tujuah serta kemurnian cita-cita Gerakan Non-Blok, yang menyebabkan perbedaan pandangan diantara para anggotanya, sehingga mengancam kearah perpecahan.
Selanjutnya dikatakan oleh Kepala Negara bahwa dalam dunia yang diliputi oleh serba ketidakpastian sekarang ini terasa benar perlunya ditumbuh kembangkan kembali cita-cita serta kemurnian prinsip-prinsip dasar gerakan ini sebagai pedoman dalam hubungan antar bangsa. Dalam hal ini Presiden Soeharto merasa berbesar hati karena India dan Indonesia serta negara-negara anggota Non-Blok lainnya selalu berkerjasama demi terwujudnya prinsip-prinsip dasar yang murni dari Gerakan Non-Blok itu. (AFR)

__________________________

Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal 493-494. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.