1982-09-02 Hadiri Dies Natalis USU Medan, Presiden Soeharto: Bangunlah Kampus Sebagai Masyarakat Ilmiah

Hadiri Dies Natalis USU Medan, Presiden Soeharto: Bangunlah Kampus Sebagai Masyarakat Ilmiah

KAMIS, 2 SEPTEMBER 1982 Pukul 07.55 pagi ini Presiden dan Ibu Soeharto terbang ke Medan dalam rangka menghadiri Dies Natalis Universitas Sumatera Utara ke-25. Dalam amanatnya menyambut seperempat abad universitas tersebut, Kepala Negara mengatakan bahwa perguman tinggi di Indonesia tidak hanya harus memberikan perhatian didalam mengejar ketinggalannya dalam hal-hal yang menjadi kewajiban pokoknya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Perguruan tinggi kita harus menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cocok bagi pelaksanaan pembangunan nasional, dan bersamaan dengan itu harus pula berusaha sedapat mungkin mengadakan penelitian-penelitian demi penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan yang baru di bidang apapun, yang berguna bagi kelanjutan pembangunan di masa-masa yang akan datang.
Untuk itu bangunlah kampus menjadi masyarakat ilmiah yaitu lingkungan yang memungkinkan perguruan tinggi sebagai pusat pemeliharaan, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan kebutuhan masa sekarang dan masa datang. Didiklah mahasiswa agar berjiwa penuh pengabdian serta memiliki rasa tanggungjawab yang besar terhadap masa depan bangsa dan negara Indonesia. Giatkanlah mahasiswa sehingga bermanfaat bagi usaha-usaha pembangunan nasional dan pembangunan daerah. Demikian harapan­harapan Presiden. (AFR)

______________________

Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal 587. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.