1982-09-25 Presiden Soeharto Serahkan Piala Presiden Untuk Pemenang Lomba Intensifikasi

Presiden Soeharto Serahkan Piala Presiden Untuk Pemenang Lomba Intensifikasi

SABTU, 25 SEPTEMBER 1982 Bertempat di Istana Negara, pukul 11.00 pagi ini Presiden Soeharto menyerahkan hadiah dan Piala Presiden RI kepada para pemenang Perlombaan Intensifikasi Khusus Musim Tanam 1981/1982. Keluar sebagai juara nasional untuk perlombaan kali ini adalah Kelompok Tani Rahayu dari Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, dan Kelompok Tani Bina Karya dari Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.
Dalam amanatnya, Presiden mengatakan bahwa upaya peningkatan produksi pangan dengan cara menerapkan intensifikasi secara lengkap yang disertai dengan kerjasama berkelompok sehamparan, adanya musyawarah dan mufakat antara sesama anggota kelompok, adanya disiplin diri, selalu melaksanakan anjuran yang diberikan para penyuluh pertanian, membuktikan bahwa hasil produksi pertanian masih dapat ditingkatkan, bahkan hasil-hasil hamparan kelompok tani yang berlomba ada yang melebihi rata-rata hasil dari lembaga penelitian.
Dengan hasil rata-rata yang cukup tinggi yang telah dicapai oleh kelompok-kelompok tani itu jelas akan memberi pengaruh positif terhadap para petani di sekitarnya, dan selanjutnya memberikan pengaruh terhadap produksi padi secara nasional. Sebagaimana kita ketahui, demikian Presiden, produksi beras di Indonesia pada tahun 1979 mencapai 17,8 juta ton, yang dapat kita capai antara lain karena pelaksanaan Insus. Tahun-tahun berikutnya produksi beras kita juga terus naik: tahun 1980 meningkat menjadi 20,1 juta ton, tahun 1981 menjadi 22,3 juta ton, dan pacta tahun 1982 ini, walaupun kita mengalami kekeringan, produksi beras diperhitungkan akan mencapai sekitar 23 juta ton. (AFR)

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.