1983-04-10 Menerima Hosni Mubarak, Presiden Soeharto: Indonesia Teguh Melawan Agresi Israel

Menerima Hosni Mubarak, Presiden Soeharto: Indonesia Teguh Melawan Agresi Israel[1]

MINGGU, 10 APRIL 1983 Pada pukul 10.00 pagi ini Presiden Soeharto mengadakan pembicaraan resmi dengan Presiden Hosni Mubarak. Didalam pembicaraan yang berlangsung di Istana Merdeka itu, kedua kepala negara telah mengadakan tukar pikiran dan pembulatan pendapat mengenai langkah­langkah yang dapat diambil bersama-sama. Setelah pertemuan puncak itu, pembicaraan kemudian dilanjutkan dengan melibatkan pejabat-pejabat tinggi kedua negara.

Presiden dan Ibu Soeharto malam ini mengadakan jamuan santap malam kenegaraan resmi untuk menghormati kunjungan Presiden dan Nyonya Suzanne Mubarak. Ketika memberikan sambutannya dalam jamuan makan yang berlangsung di Istana Negara itu, Kepala Negara antara lain mengatakan bahwa kedua negara mempunyai persamaan-persamaan dasar  yang kuat dalam menghadapi berbagai masalah dunia. Hal ini, menurut Presiden Soeharto, merupakan jaminan bagi eratnya hubungan persaudaraan dan kerjasama di masa-masa yang akan datang.

Pada kesempatan itu Presiden Soeharto menegaskan lagi bahwa Indonesia berdiri teguh bersama-sama bangsa Arab dalam perjuangan yang adil dan sah melawan agresi Israel. Juga dikatakannya bahwa Indonesia menghargai sikap Mesir dalam menentukan arah penyelesaian masalah yang rumit dan berlarut-larut di Timur Tengah itu. Ditegaskannya pula bahwa kunci utama penyelesaian seluruh masalah di Timur Tengah adalah dikembalikannya semua wilayah bangsa-bangsa Arab yang diduduki oleh Israel dan pengakuan terhadap hak rakyat Palestina untuk memiliki tanah air dan menentukan masa depannya sendiri. (AFR)



[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988”, hal 10. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.