1983-04-13 Lantik Tiga Duta Besar, Presiden Soeharto: Politik Luar Negeri Jika Didukung Keberhasilan di Dalam Negeri

Lantik Tiga Duta Besar, Presiden Soeharto: Politik Luar Negeri Jika Didukung Keberhasilan di Dalam Negeri[1]

 

RABU, 13 APRIL 1983 Bertempat di Istana Negara, pagi ini Presiden melantik tiga orang duta besar baru. Ketiga duta besar itu adalah Duta Besar Mohamad Sabir untuk Iran, Duta Besar Abdoerachman Djajaprawira untuk Argentina merangkap Chili, Uruguay, dan Paraguay, serta Duta Besar Rachmat  Sukartiko untuk Bangladesh.

Dalam amanatnya Kepala Negara mengingatkan bahwa pelaksanaan politik luar negeri yang bebas dan aktif sama sekali tidak gampang, lebih-­lebih dalam situasi dunia seperti sekarang ini. Dikatakannya bahwa pelaksanaan politik luar negeri hanya akan sukses jika ada dukungan dari keberhasilan kita di dalam negeri. Dan keberhasilan di dalam negeri itu terutama tergantung pada keberhasilan kita didalam melaksanakan pembangunan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan rakyat.

Sehubungan dengan pukulan keras yang dialami komoditi ekspor Indonesia akhir-akhir ini, Presiden mengatakan bahwa peningkatan ekspor merupakan salah satu kegiatan yang  mendapat perhatian khusus dari Pemerintah. Oleh karena itu dimintanya agar para duta besar ikut menangani masalah yang penting ini secara aktif. (AFR)



[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988”, hal 11. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.