1983-09-30 Melalui TVRI & RRI Presiden Soeharto Serukan Dukungan Kesuksesan Sensus Pertanian

Melalui TVRI & RRI Presiden Soeharto Serukan Dukungan Kesuksesan Sensus Pertanian

JUM’AT, 30 SEPTEMBER 1983 Berkenaan dengan pelaksanaan Sensus Pertanian 1983, yang akan dimulai besok, malam ini Presiden Soeharto menyampaikan amanatnya melalui RRI dan TVRI. Dalam amanatnya Kepala Negara mengatakan bahwa pelaksanaan sensus dimaksudkan untuk mengetahui secara lebih jelas hasil-hasil yang telah dicapai pelaksanaan pembangunan selama ini. Dengan sensus pertanian ini juga ingin diketahui secara jelas bagaimana pola penguasaan tanah pertanian, besarnya peranan petani dalam melaksanakan pembangunan, dan sebagainya. Sensus itu diutamakan untuk mendapatkan data dari rumah tangga pertanian, tanaman pangan, peternakan, perikanan darat, disamping tentang potensi desa.
Sehubungan dengan pelaksanaan sensus ini, Presiden menyerukan kepada semua aparat yang ada sampai di tingkat desa untuk memberikan bantuan sepenuhnya kepada aparat-aparat Biro Pusat Statistik. Sementara itu, kepada para petugas sensus, Presiden menyerukan agar didalam mencacah rumah tangga petani, nelayan, peternak serta pamong desa, hendaknya menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Kepala Negara menginstruksikan agar semua aparatur negara dan perangkat pemerintahan mengamankan penyelenggaraan sensus pertanian 1983 ini. (AFR)

 

_______________________________

Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988”, hal 59-60. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.