1983-12-06 Menerima Peserta Kursus Lemhanas, Presiden Soeharto Tekankan Tekad Letakkan Kerangka Tinggal Landas

Menerima Peserta Kursus Lemhanas, Presiden Soeharto Tekankan Tekad Letakkan Kerangka Tinggal Landas

SELASA, 6 DESEMBER 1983 Pukul 08.30 pagi ini, bertempat di Istana Merdeka, Presiden Soeharto menerima peserta Kursus Reguler Angkatan ke-16 Lemhannas. Para peserta yang berjumlah sekitar 70 orang itu dipimpin oleh Gubernur Lemhannas, Mayjen. Subiyakto.
Dalam amanatnya kepada para peserta, Kepala Negara mengatakan bahwa tekad kita untuk meletakkan kerangka landasan bagi tahap tinggal landas pembangunan mempunyai makna yang sangat dalam dan jangkauan jauh ke depan. Untuk itu dalam memikirkan pelaksanaan Repelita IV nanti kita harus memiliki wawasan yang jauh ke depan, melampaui kurun waktu lima tahun mendatang. Ini berarti kerangka landasan yang kita letakkan dalam Repelita IV akan mempengaruhi kemampuan dan corak masyarakat kita menjelang berakhirnya abad ke-20 dan dengan landasan itulah bangsa kita akan memasuki tantangan baru dalam abad ke-21.
Dikatakan selanjutnya oleh Presiden bahwa karena demikian penting arti kerangka landasan yang akan kita letakkan dalam Repelita IV nanti, maka berbagai masalah mendasar harus kita rampungkan dalam kurun waktu lima tahunmendatang, baik yang menyangkut pemantapan dibidang ideologi, pengaturan kehidupan kekuatan sosial politik dan organisasi kemasyarakatan, perkuatan landasan ekonomi dan sosial budaya aupun pertahanan keamanan. Pertumbuhan yang serasi dan saling menunjang antara bidang­bidang itu sekaligus akan memperkuat ketahanan nasional kita, yang lebih harus terus menerus kita perkukuh dalam menghadapi tahun-tahun sulit dan menentukan di depan kita. Dalam rangka ini semua antara lain Presiden menaruh harapan yang besar kepada Lemhannas. (AFR)

___________________

Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988”, hal 86-87. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

_________________________

Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988”, hal 87. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.