1984-10-10 Presiden Soeharto Resmikan Perluasan Tahap III PT. Petrokimia Gresik

Presiden Soeharto Resmikan Perluasan Tahap III PT. Petrokimia Gresik

RABU, 10 OKTOBER 1984 Di Gresik, Jawa Timur, pagi ini Presiden Soeharto meresmikan perluasan tahap ke-3 pabrik PT Petrokimia Gresik dan pabrik bahan aktif pestisida PT Petrosida Gresik. Dengan perluasan tahap ketiga ini, maka pabrik PT Petrokimia Gresik dapat menghasilkan asam sulfat dengan kapasitas 510.000 ton per tahun, asam fosfat 317.000 ton per tahun, aluminium fluorida 12. 600 ton per tahun, dan gips 440.000 ton per tahun. Disamping itu akan bertambah pula produksi pupuk ZA sebesar 250.000 ton per tahun.
Dalam kata sambutannya, Presiden mengatakan bahwa dalam merencanakan pembangunan industri, pandangan kita harus menjangkau jauh ke depan. Sejarah pembangunan bangsa yang sekarang telah mencapai kemajuan yang pesat menunjukkan bahwa mereka mencapai tingkat industri yang sangat tinggi karena mereka menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi tinggi. Bangsa yang tertinggal dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi akan makin jauh tertinggal di belakang menjelang akhir abad 20 ini. Karena kita pun bertekad untuk meningkatkan dan memperluas pembangunan industri kita, maka ilmu pengetahuan dan teknologi itu harus kita kuasai. (AFR)

__________________________

Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988”, hal 225-226. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.