1984-11-14 Jamuan Santap Malam Kenegaraan, Presiden Hongaria Hargai Politik Bebas Aktif dan Non Blok Indonesia

Jamuan Santap Malam Kenegaraan, Presiden Hongaria Hargai Politik Bebas Aktif dan Non Blok Indonesia

RABU, 14 NOVEMBER 1984 Pukul 20.00 malam ini, bertempat di Istana Merdeka, Presiden dan Ibu Soeharto menyelenggarakan jamuan santap malam kenegaraan untuk menghormat kunjungan Ketua Dewan Kepresidenan Hongaria dan Nyonya Pal Losonczi di Indonesia. Selesai santap malam, acara dilanjutkan dengan malam kesenian yang baru berakhir pada tengah malam. Diantara para pejabat Indonesia yang hadir dalam acara tersebut tampak Wakil Presiden dan Ibu Umar Wirahadikusumah.
Dalam pidatonya, Presiden Soeharto antara lain mengatakan bahwa kedua bangsa mempunyai latar belakang politik dan sistem sosial yang berbeda, namun persahabatan dan saling pengertian terus berkembang bertambah baik. Menurut Presiden, hubungan yang bersahabat ini disebabkan karena kedua negara mempunyai prinsip-prinsip yang sama dalam mengembangkan hubungan antar negara, yaitu: saling menghormati kedaulatan masing-masing, tidak mencampuri urusan dalam negeri masingĀ­ masing dan kerjasama yang memberi manfaat serta keuntungan timbal balik. Diharapkan oleh Presiden bahwa hubungan seperti itu dapat terus diperkukuh untuk menjawab situasi dunia dewasa ini yang masih penuh dengan berbagai ketegangan.
Sementara itu dalam pidato balasannya, Presiden Hongaria menyampaikan penghargaan terhadap politik bebas-aktif dan non-blok dan menghargai setinggi-tingginya usaha pembangunan rakyat Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Soeharto. Dikatakannya bahwa sekalipun terdapat perbedaan-perbedaan antara Indonesia dan Hongaria dalam sistem dan ideologi, namun hal ini tidak menjadi halangan bagi kedua negara untuk mengembangkan hubungan bilateral serta mencari titik-titik pertemuan dalam menilai masalah-masalah internasional. (AFR)

_________________________

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.