1985-07-12 Peringati Hari Koperasi di Kendari, Presiden Soeharto Tekankan Koperasi Sebagai Garakan Nasional

Peringati Hari Koperasi di Kendari, Presiden Soeharto Tekankan Koperasi Sebagai Garakan Nasional[1]

 

JUM’AT, 12 JULI 1985 Pagi ini di Kendari, Presiden dan Ibu Soeharto menghadiri peringatan Hari Koperasi ke-38 dan hari ulang tahun Program Keluarga Berencana Nasional ke-15. Dalam acara ini dilakukan pula penyerahan hadiah kepada KUD terbaik, Koperasi Fungsional terbaik, dan Koperasi Pemuda terbaik. Presiden juga memberikan hadiah kepada kelompok KB terpadu, peserta KB Lestari teladan, dan anak akseptor penerima beasiswa Supersemar.

Dalam kata sambutannya, Presiden antara lain mengatakan bahwa agar landasan masyarakat yang adil dan makmur kuat, kokoh dan tahan uji, maka koperasi pun harus menyiapkan diri agar menjadi landasan yang kuat, kokoh, dan tahan uji, terutama landasan di bidang ekonomi. Dikatakannya bahwa waktu yang masih ada memang tidak terlalu banyak, namun dengan bekerja keras kita semua percaya bahwa kita akan dapat membangun koperasi seperti yang diamanatkan oleh UUD.

Untuk itu kita harus menjadikan koperasi sebagai gerakan nasional besar-besaran di segala bidang dan lapisan masyarakat kita. Dan untuk suksesnya pertumbuhan koperasi gerakan nasional ini semua pihak, terutama aparatur pemerintah, harus memberikan perhatian, dorongan, dan kerjasamanya.

Selanjutnya dikatakan Presiden bahwa seperti halnya dengan gerakan koperasi, maka untuk sukses dan kelancarannya, pelaksanaan program keluarga berencana ini pun perlu ada dukungan, dorongan, dan kerjasama dari semua pihak. Dalam hubungan ini Presiden mengharapkan agar BKKBN terus meningkatkan koordinasi dan kerjasamanya dengan instansi­instansi pemerintah maupun swasta. (AFR)



[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988”, hal 341. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.