1986-07-12 Presiden Soeharto Peringati Hari Koperasi dan KB di Lokasi Transmigrasi Kuamang Kuning Jambi

Presiden Soeharto Peringati Hari Koperasi dan KB di Lokasi Transmigrasi Kuamang Kuning Jambi[1]

 

SABTU, 12 JULI 1986 Presiden dan Ibu Soeharto pagi ini tiba di lokasi transmigrasi di Kuamang Kuning, Jambi, dari Jakarta. Presiden dan rombongan berada di pemukiman transmigrasi itu sampai siang hari ini dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-39 dan ulang tahun ke-16 program keluarga berencana. Siang ini pula Kepala Negara bersama rombongan kembali ke Ibukota.

Dalam amanatnya, Presiden mengatakan bahwa kehidupan yang penuh keseimbangan yang kita cita-citakan dalam Pancasila harus pula tercermin dalam pembangunan ekonomi kita. Ini berarti bahwa kita bertanggungjawab untuk mengembangkan secara seimbang dan serasi sektor ekonomi negara, swasta, dan koperasi. Selanjutnya dikatakan Kepala Negara bahwa untuk dapat memainkan peranan yang penting itu, koperasi harus dapat menegakkan kemandiriannya. Meskipun pemerintah tidak akan hentiĀ­ hentinya mendorong, membina, dan memberikan bimbingan pada pertumbuhan koperasi agar makin kuat, namun secara bertahap koperasi harus dapat melepaskan ketergantungan kepada uluran tangan pemerintah. Untuk dapat menjadi kekuatan ekonomi yang mandiri, maka anggota koperasi pun harus menjadi manusia yang mandiri.

Demikian antara lain dikatakan Presiden. (AFR)



[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988”, hal 484. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.