1987-02-05 Menlu Mochtar: Malaysia Akan Membeli Helikopter B0-105 buatan IPTN

Menlu Mochtar: Malaysia Akan Membeli Helikopter B0-105 buatan IPTN [1]

KAMIS, 5 FEBRUARI 1987 Menteri/Sekretaris Negara Sudharmono malam ini menjelaskan kepada wartawan bahwa dalam pertemuan antara Presiden Soeharto dan Perdana Menteri Mahathir, kedua pemimpin menyatakan menyambut baik hasil plebisit di Filipina yang mengukuhkan kedudukan Presiden Cory Aquino. Mereka mengharapkan hasil itu dapat mendukung kondisi penyelenggaraan KTT ASEAN pada bulan Desember mendatang di Manila. Dalam pertemuan itu juga disinggung tentang WNI yang masuk ke Malaysia tanpa dokumen resmi. Presiden menginginkan sebaiknya masalah tersebut dibicarakan secara bilateral untuk dicari penyelesaiannya, sehingga tidak berlarut-larut dan berkembang menjadi masalah politik, karena dalam kenyataannya masalah ini dapat diselesaikan secara teknis.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Mochtar Kusumaatmadja menjelaskan bahwa dalam pembicaraan pada tingkat menteri, Malaysia menyatakan akan membeli helikopter B0-105 buatan IPTN. Dikatakannya bahwa walaupun jumlahnya kali ini tidak banyak, tetapi pembelian  ini merupakan suatu permulaan yang baik. Mengenai pertukaran pelajar antara kedua negara dinilai cukup baik dan dapat ditingkatkan. Sementara itu Indonesia akan menyokong Malaysia yang akan menjadi ketua konferensi mengenai masalah pemberantasan narkotika yang akan diadakan di Wina, Austria. (AFR)

__________________

[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988”, hal 573. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.