1987-11-18 Menperin Hartarto: Presiden Soeharto Kehendaki Eskspor Barang-Barang Perhiasan

Menperin Hartarto: Presiden Soeharto Kehendaki Eskspor Barang-Barang Perhiasan

RABU 18 NOVEMBER 1987 Kepala Negara menghendaki agar Indonesia secara bertahap mengembangkan ekspor barang-barang perhiasan dari emas, mutiara, batu-batu mulia, dan sebagainya, karena bahan bakunya berlimpah di Indonesia dan kita mempunyai keunggulan komparatif. Menurut Presiden, barang perhiasan memang mempunyai nilai ekspor yang tidak sedikit, dan Indonesia juga memiliki banyak sekali tenaga terampil yang bisa mengembangkannya.
Sebagai misal, demikian Presiden, dewasa ini Indonesia mengekspor emas batangan yang didalam periode Januari-Juli yang lalu, menurut Biro Pusat Statistik, mencapai US$86 juta. Apabila batangan emas itu dapat ditingkatkan menjadi perhiasan, maka hal ini akan memberikan nilai tambah yang lebih tinggi, disamping juga menyerap tenaga kerja yang lebih besar jumlahnya.
Demikian dikatakan oleh Menteri Perindustrian Hartarto setelah menghadap Presiden Soeharto di Cendana pagi ini. (AFR)

_____________________________

Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988”, hal 670. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.