1988-02-02 Resmikan PLTP Kamojang II dan III, Presiden Soeharto: Penggunaan Teknologi Jangan Rusak Lingkungan

Resmikan PLTP Kamojang II dan III, Presiden Soeharto: Penggunaan Teknologi Jangan Rusak Lingkungan[1]

SELASA, 2 FEBRUARI 1988 Pagi ini, Presiden Soeharto meresmikan berfungsinya Pusat Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang Unit II dan III di Kamojang, Jawa Barat. Kedua unit PLTP ini dibangun dengan bantuan Selandia Bam dan mempunyai kapasitas terpasang sebesar 110 Mw.

Dalam sambutannya Kepala Negara antara lain mengatakan bahwa dengan makin besarnya kesanggupan kita untuk menggunakan panas bumi sebagai pembangkit tenaga listrik, berarti kita makin maju lagi dalam memanfaatkan sumber alam yang kita miliki untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini juga berarti keberhasilan dalam membatasi penggunaan minyak bumi sebagai bahan bakar pembangkit listrik.

Kepala Negara mengatakan bahwa sejarah perkembangan negara­ negara industri modern menunjukkan bahwa penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan jalan pintas untuk mencapai kemajuan dan kemakmuran. Namun kita juga harus tetap waspada dalam menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi; terutama jangan sampai merusak alam dan lingkungan hidup kita. (AFR)

________________

[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988”, hal 704. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.