1976-11-23 Sidang Kabinet, Presiden Soeharto Gariskan Empat Kebijakan Hasil In Cognito

Sidang Kabinet, Presiden Soeharto Gariskan Empat Kebijakan Hasil In Cognito

SELASA, 23 NOVEMBER 1976 Bertempat di Bina Graha, Presiden Soeharto pagi ini memimpin sidang Dewan Stabilisasi Ekonomi Nasional. Dalam sidang hari ini, Kepala Negara memberikan penjelasan mengenai perjalanan in cognito-nya ke Jawa Barat dan Jawa Tengah, yaitu untuk melihat sendiri dan menilai pengaruh perubahan musim dari kemarau ke musim hujan, dan masalah pendidikan serta kesehatan masyarakat pedesaan.
Dari temuan-temuannya dalam kunjungan tersebut, Presiden menggariskan beberapa hal. Pertama, areal tanaman padi untuk musim tanam 1976/1977 masih perlu ditingkatkan. Kedua, penggunaan pupuk di beberapa daerah masih dapat ditingkatkan dosisnya. Ketiga, perlunya peningkatan pengawasan dalam pelaksanaan pembangunan sekolah-sekolah Inpres; sekolah-sekolah harus dibangun sesuai dengan syarat-syarat teknis yang telah ditetapkan. Keempat, di bidang kesehatan, masih terdapat gedung-gedung Puskesmas yang terlalu sempit ruangan-ruangannya.
Kepala Negara juga mengatakan bahwa ia menemukan gudang-gudang penimbunan pupuk yang tidak memenuhi syarat. Keadaan yang demikian, menyebabkan basahnya pupuk, disamping menggangggu kesehatan pekerja di gudang-gudang pupuk. (AFR)

________________________

Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978”, hal 412-413. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003.

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.