RI JAJAKI BANTUAN IDB BAGI PEMBANGUNAN SELATAN 

RI JAJAKI BANTUAN IDB BAGI PEMBANGUNAN SELATAN [1]

 

Jakarta, Antara

Indonesia sedang menjajaki bantuan Bank Pembangunan Islam (IDB) bagi pembiayaan berbagai pabrik di negara-negara berkembang untuk mengurangi ketergantungan dari negara Barat.

Seusai melapor kepada Presiden Soeharto di Bina Graha, Sabtu, Menteri Perindustrian Tunky Ariwibowo mengatakan kepada pers bahwa jika pembangunan di negara berkembang dibiayai dana dari Selatan sendiri maka bisa dihemat pengeluaran yang cukup besar.

Ia mengatakan penghematan itu minimal mencapai sepuluh persen bahkan bisa 30 persen. Selain menjajaki dana IDB, Indonesia yang sedang memimpin Gerakan Non Blok juga mencari berbagai sumber dana lainnya dari sesama anggota GNB seperti Brunei Darussalam dan Singapura yang relatif lebih kaya dibanding dengan berkembang lainnya.

Di tempat yang sama, Kepala Negara jug a menerima Gubernur Australia Barat Richard Court yang mengadakan kunjungan kehormatan untuk menjelaskan kerjasamanya dengan Pemda Jawa Timur. (TI EU02!RE1/ 7/08/93 14:26)

Sumber:ANTARA(07/08/1993)

_______________________

[1] Dikutip sesuai tulisan dan ejaan aslinya dari Buku “Presiden Ke II RI Jenderal Besar HM Soeharto dalam Berita”, Buku XV (1993), Jakarta: Antara Pustaka Utama, 2008, hal 542-542.

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.