1976-11-13 Menerima Sejumlah Gubernur, Presiden Soeharto Instruksikan Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pertanian

Menerima Sejumlah Gubernur, Presiden Soeharto Instruksikan Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pertanian

SABTU, 13 NOVEMBER 1976 Usai menerima Ali Murtopo, Presiden Soeharto mengadakan pertemuan dengan gubemur dari Daerah-daerah Bimas Kelompok A di Bina Graha. Gubemur-gubemur tersebut adalah dari sembilan provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan. Pertemuan ini juga dihadiri oleh Menteri Negara Ekuin Widjojo Nitisastro, Menteri Dalam Negeri Amirmachmud, Menteri Perdagangan Radius Prawiro, Menteri Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Koperasi Subroto, dan beberapa pejabat lainnya.
Pada kesempatan itu, selama satu jam setengah, Presiden telah memberikan pengarahan mengenai masalah peningkatan produksi pangan dan langkah-langkah untuk menghadapi musim paceklik yang akan datang. Dalam rangka peningkatan produksi, Kepala Negara memerintahkan agar lahan-lahan yang memenuhi syarat untuk pertanian dimanfaatkan semaksimal-maksimalnya. Dalam hubungan ini ditegaskannya bahwa tidak boleh ada pemilik tanah yang membiarkan tanahnya tidak dipakai untuk peningkatan produksi.
Selain pemanfaatan lahan secara maksimal, Presiden juga menginstruksikan agar penggunaan pupuk ditingkatkan, sehingga produksi pun bisa meningkat. Untuk itu ia meminta para gubernur meningkatkan penyuluhan kepada petani, dan melakukan penyempurnaan distribusi pupuk di daerah mereka masing-masing. (AFR)

_______________________

Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978”, hal 411-412. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.