1980-06-05 Sambut Hari Lingkungan Hidup, Presiden Soeharto Beri Tiga Petunjuk Pelestarian Lingkungan

Sambut Hari Lingkungan Hidup, Presiden Soeharto Beri Tiga Petunjuk Pelestarian Lingkungan[1]

 

KAMIS, 5 JUNI 1980 Presiden Soeharto mengajak seluruh masyarakat dan segenap jajaran aparatur pemerintah untuk mengindahkan tiga pokok petunjuk pengembangan lingkungan dalam menghadapi tantangan dan keharusan melestarikan alam. Hal ini dikemukakannya dalam sambutannya pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang jatuh pada tanggal 5 Juni, di Bina Graha hari ini.

Selanjutnya Kepala Negara memberikan petunjuk tentang tiga pokok pengembangan lingkungan. Petunjuk pertama ialah merangsang, mendorong dan menggerakkan prakarsa dan kegiatan kelompok-kelompok dalam masyarakat dalam mengembangkan lingkungan dan melestarikan air. Petunjuk kedua ialah bahwa pengembangan lingkungan perlu dilakukan atas pandangan dan penanganan terpadu di segala bidang. Petunjuk ketiga ialah perlu disadari bahwa perkembangan lingkungan tunduk pada suatu keseimbangan. Berbagai benda, zat mati dan makhluk hidup serta manusia pada umumnya berada dalam hubungan keseimbangan satu dengan yang lainnya, saling pengaruh mempengaruhi dan hidup menghidupi. Demikian Presiden. (AFR)



[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal 303. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.