1980-08-17 Presiden Soeharto Peringati Detik-Detik Proklamasi

Presiden Soeharto Peringati Detik-Detik Proklamasi

 

MINGGU, 17 AGUSTUS 1980 Pagi ini, tepat pukul 10.00, bangsa Indonesia memperingati detik-detik Proklamasi. Didampingi Ibu Soeharto serta Wakil Presiden dan Ibu Adam Malik, Presiden Soeharto bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam acara yang berlangsung di Istana Merdeka. Diiringi dentuman meriam 17 kali menggelegar di angkasa, para hadirin tampak dengan penuh khidmat mengikuti peringatan detik-detik Proklamasi Kemetdekaan RI pengibaran duplikat bendera pusaka, dan pembacaan naskah Proklamasi.
Selain para pejabat tinggi negara, hadir pula dalam upacara pagi ini mantan Wakil Presiden Sultan Hamengku Buwono IX, dan korps diplomatik. Di deretan tamu-tamu dari luar negeri, antara lain tampak sejumlah anggota Parlemen Bangladesh, delegasi perdagangan Irak dan sejumlah orang Jepang yang pernah berada di Indonesia pada masa pendudukan Jepang. (AFR)

_______________________________

Sumber: Buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983”, hal 325. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.