1982-12-20 Buka Jambore Palang Merah Remaja Presiden Soeharto Tekankan Pengendalian Diri Bagi Para Remaja

Buka Jambore Palang Merah Remaja Presiden Soeharto Tekankan Pengendalian Diri Bagi Para Remaja

SELASA, 20 DESEMBER 1982 Bertempat di halaman tengah Istana, pada jam 09.00 pagi ini, Presiden dan Ibu Soeharto menghadiri upacara pembukaan Jambore Nasional Palang Merah Remaja ke-2. Jambore diikuti oleh lebih kurang 400 peserta yang berdatangan dari seluruh provinsi di Indonesia.
Dalam amanatnya pada acara pembukaan itu, Kepala Negara antara lain telah memberikan nasihat kepada para remaja peserta jambore. Presiden menasihatkan, agar kita dapat dengan mudah melaksanakan sikap yang baik, maka kita harus selalu ingat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena manusia ini adalah ciptaanNya. Kita juga harus ingat kepada orang lain, sesama manusia, karena kita tidak mungkin hidup di dunia tanpa pergaulan dan bekerjasama dengan orang lain. Karena itu diingatkan oleh Kepala Negara bahwa dalam pergaulan, para remaja tidak boleh hanya memikirkan kepentingan diri sendiri tanpa memperhatikan kepentingan orang lain. Dinasihatkan pula agar mereka selalu berusaha untuk dapat mengendalikan diri dan kepentingan, sehingga mereka dapat melaksanakan tugas sebagai makhluk sosial.
Selanjutnya dikatakan oleh Presiden bahwa apabila kita telah menyadari dan mampu mengendalikan diri seperti itu, maka berarti kita telah menghayati dan akan mampu mengamalkan Pancasila. Demikian antara lain dikatakan oleh Kepala Negara. (AFR)

_________________________________

Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988”, hal 91-92. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.