1984-02-08 Presiden Soeharto Anugerahkan Lencana Tunas Kencana Kepada Sultan Hamengku Buwono IX

Presiden Soeharto Anugerahkan Lencana Tunas Kencana Kepada Sultan Hamengku Buwono IX [1]

 

RABU 8 FEBRUAJRI 1984 Jam 10.00 pagi ini, Presiden dan Ibn Soeharto menghadiri acara pengukuhan Anggota Majelis Pembimbing Nasional dan Andalan Nasional Gerakan Pramuka masa bakti 1983-1988. Dalam acara yang berlangsung di Istana Negara itu, Kepala Negara telah menyematkan, secara simbolis, tanda jabatan kepada Menteri Dalam Negeri Soepardjo Roestam, mewakili Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, dan kepada Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Mashudi, mewakili Andalan Nasional Gerakan Pramuka. Menteri Soepardjo Roestam dalam hal ini. selaku Ketua Pengurus Harian Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka.

Pada kesempatan itu pula, Presiden Soeharto, selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, telah menganugerahkan Lencana Tunas Kencana kepada Sultan Hamengku Buwono IX. Anugerah ini diberikan kepada bekas Wakil Presiden RI itu sebagai penghargaan yang tertinggi atas jasa-jasa luar biasa yang telah diberikannya bagi perkembangan gerakan kepanduan di dunia, khususnya bagi kemajuan Gerakan Pramuka Indonesia.

Dapat ditambahkan bahwa anggota Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka terdiri dari para menteri, pejabat tinggi negara dan tokoh-tokoh masyarakat. Presiden dan Wakil Presiden bertindak masing-masing sebagai Ketua dan Wak:il Ketua Majelis Pembimbing Nasional. Pengurus Harian Majelis Pembimbing Nasional berjumlah 15 orang yang terdiri dari para menteri dan tokoh Pramuka; Pengurus Harlan diketuai oleh Menteri Dalam Negeri Soepardjo Roestam.

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka untuk masa bakti 1983-1988 diketuai oleh Letjen. (Purn.) H Mashudi. Para Wakil Ketua terdiri atas Ibu Tien Soeharto, WP Napitupulu, Widodo Budidarmo, Soetikno Lukitodisastro. Sekretaris Jenderalnya adalah Dra Mien S Wamaen. (AFR)

________________

[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988”, hal 118-119. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.