1984-07-09 Buka Sidang Tahunan Menlu ASEAN, Presiden Soeharto Harapkan Pengertian Dunia Atas Peran ASEAN

Buka Sidang Tahunan Menlu ASEAN, Presiden Soeharto Harapkan Pengertian Dunia Atas Peran ASEAN[1]

 

SENIN, 9 JULI 1984 Bertempat di Gedung Sekretariat ASEAN di Jakarta, pagi ini Presiden Soeharto membuka Sidang Tahunan ke-17 para Menteri Luar Negeri ASEAN. Dalam pidatonya Presiden Soeharto mengharapkan sidang tahunan ini dapat menelaah dan mencari langkah-langkah yang lebih efektif dalam menghadapi tugas ASEAN yang makin luas pada masa-masa mendatang.

Sebelumnya, berdasarkan pertumbuhan ASEAN dan kegiatan-kegiatan yang dilakukannya pada tahun-tahun yang silam, Kepala Negara menilai bahwa ASEAN telah tumbuh sebagai suatu kekuatan sosial ekonomi potensial di kawasan ini. Menurut Presiden, kenyataan ini memberikan kesempatan kepada ASEAN untuk memberi sumbangan kepada perkembangan ekonomi dunia yang lebih membahagiakan semua orang. Dalam hubungan ini Presiden mengharapkan agar negara-negara maju dapat menunjukkan pengertian dan kesediaan mereka untuk memenuhi cita-cita tersebut. (AFR)



[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988”, hal 183. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.