1984-12-18 Resmikan Puspitek, Presiden Soeharto: Tanpa Penguasaan Iptek, Pembangunan Mustahil di Lakukan

Resmikan Puspitek, Presiden Soeharto: Tanpa Penguasaan Iptek, Pembangunan Mustahil di Lakukan

SELASA, 18 DESEMBER 1984 Pagi ini Presiden Soeharto meresmikan pembukaan kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) yang terletak di Serpong, Jawa Barat, sekitar 25 kilometer di sebelah barat daya Jakarta. Puspiptek ini memiliki sejumlah laboratorium, baik yang sudah selesai maupun yang sedang dalam tahap penyelesaian pembangunannya. Laboratorium-laboratorium itu meliputi kegiatan uji konstruksi, kalibrasi, instrumen dan metreologi, elektronika, dan pusat reaktor atom yang berkekuatan 30 megawat.
Dalam kata sambutannya, Presiden mengatakan bahwa proyek yang diresmikannya pada hari ini mempunyai sifat khusus. Sebabnya ialah, dengan dibukanya Puspiptek ini maka usaha kita untuk meningkatkan penguasaan dan kemampuan dalam lapangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan dapat lebih kita kembangkan di masa-masa mendatang. Peningkatan itu mutlak harus kita lakukan, sebab di satu pihak pembangunan dalam zaman serba maju ini mustahil kita lakukan tanpa memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di lain pihak, kita harus mengejar ketinggalan kita dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi ini dari negara-negara lain yang telah maju. Demikian antara lain dikatakan oleh Kepala Negara. (AFR)

__________________

Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988”, hal 249-250. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.