1985-07-05 Presiden Soeharto Resmikan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta

Presiden Soeharto Resmikan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta[1]

JUM’ AT 5 JULI 1985 Dengan dihadiri lebih kurang 2.000 orang undangan, Presiden Soeharto pagi ini meresmikan bandar udara baru untuk Jakarta. Bandar udara yang baru dan modern ini dibangun dengan gaya arsitektur Indonesia; terletak di Cengkareng, kira-kira 20 kilometer dari pusat kota Jakarta. Oleh Kepala Negara, bandar udara ini diberi nama Bandar Udara Internasional Jakarta Soekamo-Hatta. Acara peresmiannya ditandai dengan penandatanganan prasasti serta pembukaan selubung “Soekarno-Hatta” yang tertulis di sebuah batu setinggi sekitar dua meter. Kemudian Presiden dan rombongan meninjau Terminal A, yaitu tempat pemberangkatan dan kedatangan pesawat ke dan dari luar negeri, serta bangunan-bangunan lainnya.

Dalam kata sambutannya, Presiden meminta agar pengelolaan bandar udara internasional ini sungguh-sungguh diperhatikan. Dikatakannya bahwa pengelolaan yang baik itu mutlak, sebab bandar udara ini merupakan bandar udara yang terpenting dalam jaringan penerbangan dalam negeri dan merupakan salah satu mata rantai yang penting bagi jaringan penerbangan intemasional.

Untuk itu, demikian Kepala Negara mengingatkan, perlu dijaga agar berbagai kelemahan dalam pengelolaan bandar udara yang menghinggapi bandar-bandar udara yang lain jangan sampai menular pada pengelolaan bandar udara ini. Justru sebaliknya, demikian ditegaskannya, kelemahan­-kelemahan yang ditemui dalam pengoperasian bandar-bandar udara lainnya, baik di dalam maupun di luar negeri, hendaknya menjadi pelajaran untuk memperbaiki pelayanan di bandar udara ini. (AFR)


[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988”, hal 338-339. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.