1985-07-30 Presiden Soeharto Lantik Fuad Hasan Menjadi Mendikbud

Presiden Soeharto Lantik Fuad Hasan Menjadi Mendikbud[1]

 

SELASA, 30 JULI 1985 Pagi ini jam 09.00, bertempat di Istana Negara, Presiden Soeharto melantik Prof Dr Fuad Hassan menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru. Fuad Hassan menggantikan almarhum Prof Dr Nugroho Notosusanto yang meninggal dunia beberapa waktu yang lalu.

Dalam amanatnya, Presiden mengingatkan bahwa dalam zaman pembangunan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai tugas yang tidak ringan. Hal ini karena, pendidikan dan kebudayaan merupakan bagian yang terarnat penting dari keseluruhan pembangunan bangsa kita dalam arti yang seluas-luasnya. Dikatakannya bahwa kecerdasan dan kemarnpuan bahkan juga watak bangsa kita di masa datang, akan banyak ditentukan oleh pendidikan yang diberikan sekarang kepada anak-anak bangsa dan pengembangan budaya kita di masa sekarang. Karena itu, dalarn zaman pembangunan sekarang ini salah satu tugas pokok kita adalah meningkatkan kecerdasan dan memperkuat watak bangsa serta mengembangkan budaya kita agar bangsa Indonesia mampu tumbuh menjadi  bangsa yang maju  dan berbudaya, kuat, dan terhormat.

Lebih jauh dikemukakan Presiden bahwa dalam Repelita IV sekarang ini, pendidikan dan kebudayaan juga harus dibina agar dapat menjadi kerangka landasan pembangunan, sebagai persiapan kita untuk memasuki tahap tinggal landas nanti. (AFR)



[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988”, hal 344-345. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.