1986-11-06 Presiden Soeharto Menerima Surat-Surat Kepercayaan Dubes Jerman Timur dan Thailand

Presiden Soeharto Menerima Surat-Surat Kepercayaan Dubes Jerman Timur dan Thailand

KAMIS 6 NOVEMBER 1986 Sementara itu, bertempat di Istana Merdeka, pagi ini Presiden Soeharto secara terpisah menerima surat kepercayaan dari Duta Besar Jerman Timur untuk Indonesia, Siegfried Kuhnel, dan Duta Besar Thailand, Kamtom Udomritthiruj.

Membalas pidato Duta Besar Kuhnel, Kepala Negara mengatakan bahwa tahun-tahun mendatang mernpakan tahun-tahun yang membuka kemungkinan yang lebih luas bagi Indonesia dan Jerman Timur untuk makin mengembangkan hubungan dan kerjasama yang saling memberi manfaat di bidang ekonomi dan perdagangan. Hal ini karena selama ini hubungan dan kerjasama antara kedua negara terus meningkat, yang antara lain ditandai oleh penantanganan Protokol mengenai Kerjasama Ekonomi dan Perdagangan, serta dibentuknya Komisi Bersama mengenai Kerjasama Ekonomi.
Ketika menerima surat kepercayaan dari Duta Besar Kamtom Udomritthiruj, Presiden Soeharto mengatakan bahwa ketahanan regional membuat kita mampu menentukan masa depan kita sendiri tanpa membiarkan kita diombang-ambingkan oleh kekuatan-kekuatan lain dari luar. Ketahanan regional itu pula yang membuat kita mampu bertahan kendatipun di wilayah sekitar kita masih berkembang gejolak-gejolak yang berkepanjangan. Selanjutnya dikatakan oleh Kepala Negara bahwa dengan Asia Tenggara yang maju dan sejahtera, yang tenteram dan bersatu, yang memiliki ketahanan regional dan mampu mengurus dirinya sendiri, maka kita ingin menyumbangkan semuanya itu juga bagi terwujudnya dunia yang lebih tenteram, lebih sejahtera, dan lebih adil. (AFR)

_________________

Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988”, hal 526-528. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.