DI BAWAH KEPEMIMPINAN PAK HARTO PEMERINTAH ORDE BARU PASTI BERKESINAMBUNGAN

DI BAWAH KEPEMIMPINAN PAK HARTO PEMERINTAH ORDE BARU PASTI BERKESINAMBUNGAN

Presiden Soeharto benar-benar pemimpin nasional yang sudah terkenal sejak Orde Baru dan lebih tercermin lagi selaku Presiden/Mandataris MPR RI lewat Pidato pertanggung-jawaban sebagai seorang pemimpin yang telah melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara maksimal.

Secara jujur, kata Ketua Bidang Lembaga Negara dan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) DPP Pemuda Pancasila/Ketua DPD Pemuda Pancasila Sumatera Utara, Amran Ys, menjawab pertanyaan "Antara" Kamis.

Dalam mengendalikan roda pernerintahan ini Pak Harto mengakui rnasih adanya kelemahan­kelemahan, dan kelemahan ini sudah barang tentu akan diperbaikinya.

Presiden Soeharto, kata tokoh pemuda Sumatera Utara itu, sejak memegang tampak pimpinan di Indonesia sudah melaksanakan ketetapan-ketetapan MPR, dan sebagai pemimpin bangsa sudah berusaha semaksimal mungkin mengarahkan bangsa dan negara Indonesia ke berbagai corak pembangunan bagi kesejahteraan rakyat.

Yang jelas, kata Amran, Pak Harto sebagai pemimpin yang menggerakkan Orde Baru di Indonesia. Dan dari sudut ini Pak Harto untuk masa sepuluh tahun lagi ia adalah pemimpin nasional yang belum ada penggantinya.

"Untuk sepuluh tahun mendatang, saya belum melihat lagi tampilnya tokoh sebagai pemimpin Orde Baru yang memiliki taraf nasional yang benar-benar dapat mendalami seluruh jiwa masyarakat", kata Amran tegas.

Siapapun Harus Mengakui

Menilai perkembangan pembangunan di berbagai sektor di tanah air sejak tampilnya pemerintah Orde Baru, Amran menyebutkan sebagai cukup berhasil. Dan siapapun harus mengakui dan salah sekali bila masih ada yang mengatakan pembangunan itu tidak ada.

Sebenarnya, katanya, bila pelaksanaan pembangunan lebih diawasi lagi dan ditertibkan, dan bawahan presiden harus benar-benar menjiwai sifat kepemimpinan yang gandrung pembangunan itu akan lebih berhasil lagi.

Benar masih ada kekurangan, tapi diyakini para periode kepemimpinan Pak Harto di masa datang kekurangan ini dapat diselesaikan dengan baik. Karena secara keseluruhan pemerintah Orde Baru sudah semakin mantap.

"Kami sebagai tokoh pemuda yakin pemerintah Orde Baru akan terus berkesinambungan di bawah kepemimpinan Pak Barto", ujar Amran.

Mengenai calon wakil Presiden, Amran menyebutkannya sebagai tepat, karena Pak Umar Wirabadikusumah adalah juga salah seorang pencetus Orde Baru. (RA)

…

Medan, Antara

Sumber : ANTARA (03/03/83)

Dikutip sesuai tulisan dan ejaan aslinya dari buku "Presiden RI Ke II Jenderal Besar HM Soeharto dalam Berita", Buku VII (1983-1984), Jakarta : Antara Pustaka Utama, 2008, hal. 40-41.

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.