1977-01-25 Presiden Soeharto Menerima Wakil Presiden Iraq, Bahas Pembaruan Kesepakatan Perdagangan

Presiden Soeharto Menerima Wakil Presiden Iraq, Bahas Pembaruan Kesepakatan Perdagangan[1]

 

 

SELASA, 25 JANUARI 1977 Hari ini jam 10.00 pagi Presiden Soeharto menerima kunjungan kehormatan Wakil Presiden Iraq, Taha Muhyddin Marouf, beserta rombongan. Pertemuan ini dilanjutkan dengan pembicaraan khusus antara Presiden Soeharto dengan Wakil Presiden Iraq yang berlangsung sampai satu jam. Sesudah pembicaraan tersebut, diadakan tukar menukar tanda mata. Presiden Soeharto telah memberikan ukiran kerajinan perak, sedangkan Wakil Presiden Iraq memberikan sebuah pohon kurma dari perak yang berbuah emas.

Sementara itu anggota rombongan dari Iraq telah mengadakan pembicaraan pula dengan mitranya dari Indonesia. Menteri Perdagangan Iraq, Gubemur Bank Sentral Iraq dan staf telah mengadakan pembicaraan dengan pihak Indonesia yang terdiri dari Menteri Pertambangan M Sadli, Direktur Pertamina Piet Harjono, Gubemur Bank Sentral Rachmat Saleh, dan Duta Besar Indonesia untuk Iraq. Sedangkan pada bagian lain Menteri Luar Negeri Adam Malik telah mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Iraq Suadru Hamady. Hasil pertemuan ini dituangkan dalam suatu komunike bersama antara Republik Indonesia dan Iraq.

Malam ini Wakil Presiden Iraq mengadakan jumpa pers di Wisma Tamu Istana Jakarta. Dalam keterangannya ia menyimpulkan bahwa beberapa pokok persetujuan yang telah dicapai sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak hari ini. Dikatakannya bahwa Iraq memahami sepenuhnya posisi Indonesia dalam persoalan Timor Timur. Kedua Pemerintah sepakat untuk memperbaharui hubungan-hubungan dalam segala bidang, terutama perjanjian perdagangan yang ditandatangani tahun 1960. Sedangkan mengenai OPEC telah disepakati untuk tetap mempertahankah persatuan dalam organisasi itu. (AFR)

[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 27 Maret 1973-23 Maret 1978”, hal 445-446. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.