MINYAK TAK AKAN DIKURAS HABIS

Presiden Resmikan Penampungan Minyak Rewulu, Jogya

MINYAK TAK AKAN DIKURAS HABIS [1]

. Pembangunan Juga Persoalan Masa Depan

 

Yogyakarta, Sinar Harapan

Presiden Soeharto menegaskan bahwa penggalian sumber kekayaan alam seperti minyak dan tambang lainnya, kayu dan lain2nya tidak akan kita kuras habis untuk waktu pendek, sebab pembangunan bukan hanya persoalan masa kini, akan tetapi juga persoalan masa depan.

Dalam memberikan amanatnya pada peresmian pipa saluran minyak dan tempat penampungan minyak Rewulu, Yogyakarta Senin pagi lebih jauh Kepala Negara mengatakan bahwa penggalian sumber tambang dan kekayaan hutan telah diperhitungkan sedemikian agar kita tidak meninggalkan bumi yang miskin kepada generasi yang akan datang.

Berkata Presiden: “Dalam menggali kekayaan tambang dan kekayaan alam lainnya itu mungkin dalam banyak hal kita perlu menggunakan modal dan ketrampilan bangsa lain selama kita sendiri belum mampu. Akan tetapi hal ini tidak berarti dan tidak perlu kita membuat kehilangan harga diri dan kehilangan kepercayaan pada diri sendiri,” demikian kata Presiden.

Dijelaskan selanjutnya bahwa dengan bekerjasama itu justru kita harns pandai mengambil segala pengalaman dan pengetahuan yang diperlukan. “Bangsa yang ingin maju harus berani belajar cara2 baru yang memungkinkan dipercepatnya kedatangan kemajuan tadi. Dengan semangat dan tujuan itulah kita perlu belajar dari orang lain,” demikian Kepala Negara.

Oleh presiden kemudian dinyatakan bahwa tanpa keberanian dan kesadaran yang demikian segala kekayaan alam akan lebih terpendam, yang juga berarti memperpanjang perjalanan kita mencapai kemajuan dan kesejahteraan.

Selanjutnya Kepala Negara juga menjelaskan pentingnya penggunaan pipa dan tempat penampungan minyak yang diresmikan tadi, karena sistem yang digunakan dalam penyaluran minyak melalui pipa ini merupakan cara terbaru yang juga digunakan oleh negara2 yang telah maju.

Kemudian Presiden menyinggung bahwa dewasa ini kita bukan bebas dari aneaman kekurangan bahan bakar minyak yang dapat melumpuhkan ekonomi, malahan keuangan negara bertambah besar hasilnya dari hasil minyak.

Senin malam Presiden akan membuka resrni Konperensi Menteri2 Kebudayaan Asia dan Selasa pagi, Kepala Negara dan rombongan bertolak ke Surabaya guna menghadiri pelantikan perwira2 remaja ABRI. Rombongan ditunggu kembali di Jakarta Selasa siang. (DTS)

Sumber: SINAR HARAPAN (10/12/1973)

[1] Dikutip sesuai tulisan dan ejaan aslinya dari buku “Presiden RI Ke II Jenderal Besar HM Soeharto dalam Berita”, Buku III (1972-1975), Jakarta: Antara Pustaka Utama, 2008, hal. 253-254.

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.