PRESIDEN: PERAJIN PALING PERLUKAN BANTUAN DISAIN

PRESIDEN: PERAJIN PALING PERLUKAN BANTUAN DISAIN

 

 

Jakarta, Antara

Presiden Soeharto mengatakan yang paling diperlukan para perajin adalah bantuan disain untuk meningkatkan pemasaran hasil karyanya, karena mereka telah memiliki keterampilan yang memadai. Masalah pemberian bantuan disain itu dijelaskan Dirjen Industri Kecil Departemen Perindustrian Trisura Suhardi kepada pers, setelah mendampingi Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Ibu EN Sudharmono melapor kepada Presiden Soeharto di Bina Graha, Senin.

Ibu EN Sudharmono yang didampingi para pengurus Dekranas lainnya seperti Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kumhal Djamil, meminta Kepala Negara untuk: membuka Pekan Kerajinan. Pameran ini diharapkan berlangsung tanggal 19-27 Juli di Jakarta.

Kepala Negara minta pengurus Dekranas mengajak pimpinan BUMN untuk menyisihkan sebagian laba mereka guna membina industri kecil termasuk kerajinan. Pemerintah mengizinkan BUMN-BUMN memanfatkan satu sampai lima persen dari laba mereka bagi pengembangan pengusaha kecil.

Trisura mengatakan permintaan Kepala Negara kepada pimpinan Dekranas itu disampaikan karena besarnya potensi kerajinan. Pada tahun 1990, sekitar 40 persen dari hasil ekspor industri kecil yang bemilai 1,15 miliar dolar AS berasal dari sektor kerajinan.

 

 

Sumber : ANTARA (06/05/1991)

Dikutip sesuai tulisan dan ejaan aslinya dari buku “Presiden RI Ke II Jenderal Besar HM Soeharto dalam Berita”, Buku XIII (1991), Jakarta : Antara Pustaka Utama, 2008, hal. 36.

 

 

 

Kenapa tidak meninggalkan komentar?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.